Friday, December 27, 2013

Apa itu Hardbrick? Pengertian serta solusi Hardbrick pada smartphone android

Apa sih Hardbrick itu? Mungkin sebagian dari kita belum mengerti atau mengetahui apa itu Hardbrick. Hardbrick adalah dimana kondisi sebuah smartphone android yang mati total alias tidak menunjukkan gejala - gejala tanda kehidupan. yang berarti smartphone tersebut tidak bisa menyala dan tidak bisa masuk ke recovery mode ataupun download mode. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara mengatasi smartphone android yang mati total atau hardbrick.

android hardbrick
Gambar : addictivetips.com
Beberapa hal penyebab yang mengakibatkan Hardbrick adalah :
"keberhasilan yang tertunda" saat Flashing
Overclocking yang berlebihan
Seringnya mengganti settingan CPU smartphone Android
dan suka mengedit build.prompt sembarangan

Cara mengatasi masalah Hardbrick pada Smartphone android adalah : 
Sebenarnya ada beberapa solusi yang bisa anda coba tapi dalam hal ini anda haruslah sabar dalam melakukannya. cobalah langkah - langkah dibawah ini sebelum anda berfikir untuk membuang smartphone anda. karena pastinya sayang smartphone yang anda beli mungkin tidak mahal tetapi berarti buat anda. :) Jangan bingung terlebih dahulu.

Cara pertama
Anda tidak perlu panik jika menemukan smartphone Android anda dalam keadaan Hardbrick. Lepaskan semua yang menempel pada smartphone android anda seperti sim card, baterai, micro SD/ SD card dll yang bisa dilepas. Dan diamkan selama 10-20 mnt. Setlah rentang waktu tersebut gabungkan kembali semua yang telah anda lepas dan nyalakan Smartphone android anda. Dan jika bisa menyala segera masuk download mode dan segeralah lakukan Flashing.

Cara kedua
Copot simcard, Baterai dan SD card smartphone android anda dan hubungkan Android anda ke PC/Laptop dalam keadaan tanpa baterai menggunakan kabel USB. Kemudian tekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan sampai terdengar bunyi "beep" dari PC/Laptop anda. jika tidak terdengar bunyi "beep" cobalah dengan menekan tombol tersebut selama 1-3 mnt. kemudian masukkan baterai dan cobalah masuk ke mode download. jika berhasil maka segera lakukan Flashing.

Cara ketiga
Cabut simcard, SD card dan baterai. Diamkan Smartphone android anda tetap terpisah selama 2 - 3 hari. Setelah rentang waktu tersebut gabungkan kembali bagian - bagian yang telah anda isah tadi dan nyalakan smartphone android anda/Segera masuk ke download mode dan kemudian flashing.

Yang perlu anda perhatikan adalah semua cara yang saya sebutkan tersebut adalah langkah awal yang perlu dilakukan jika Smartphone android mengalami hardbrick. Jika cara diatas tidak berhasil maka sebaiknya Anda membawa smartphone android anda ke service center dari smartphone android yang bersangkutan. 

Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai cara mengatasi masalah smartphone android yang mati total atau Hardbrick. semoga bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait

Terima Kasih anda telah :
1. Berkomentar dengan sopan dan bijak
2. Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komentar anda akan dihapus)
3. Dan tidak menjadi SPAMERS
4. Jika anda mendapatkan link download yang rusak atau file tidak ditemukan mohon informasikan pada komentar atau bisa kirim email di infodroid87@gmail.com

thank's for your comment's