Tuesday, December 24, 2013

Apa Android itu? Dan mengenal Sejarah Android

sejarah android
Apa itu Android? Mungkin inilah yang sering menjadi pertanyaan oleh kebanyakan orang. Menurut Wikipedia.com Android adalah sebuah sistem operasi yang berbasis linux yang dirancang khusus untuk perangkat seluler layar sentuh seperti posel pintar (Smartphone) dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android,Inc yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Dan didirikan oleh beberapa senior perusahaan yang mempunyai basis IT dan Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Search, dan Chris Ehite. Menurut Rubin, Android Inc didirikan guna mewujudkan sebuah perangkat mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi penggunanya. Pada arti lainnya Android Inc ingin membuat mobile device yang lebih mengerti keinginan penggunanya. 

Dan konnsep yang dimiliki oleh Android Inc tersebut menarik minat raksasa Google untuk memilikinya. Dan pada bulan Agustus 2005 Android Inc diakuisisi sepenuhnya oleh Google Inc. Dan seluruh sahamnya dibeli oleh Google dengan nilai nominal mencapai $50 juta USD. Andy Rubin, Rich Miner, Nick Search, dan Chris Ehite sebagai pendiri Android Inc tetap berada pada perusahaan tersebut walaupun Android Inc telah dibeli oleh Google. Sehingga pada akhirnya mereka semua menjadi bagian dari Google dan sejarah Android.

Dan sistem operasi ini mulai diluncurkan resmi pada bulan November 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance. Yakni konsorsium dari perusahaan - perusahaan perangkat keras / hardware, perangkat lunak / software, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka pada perangkat selular. Dan perangkat Ponsel Android pertama kali dipasarkan pada bulan Oktober 2008.

Antar muka android didasarkan pada manipulasi langsung yang menggunakan masukan sentuh yang sama dengan tindakan di dunia yang nyata. antara lain seperti menggesek, mengetuk, mencubit dan membalikan cubitan untuk memanipulasi objek di layar. Android adalah sistem operasi sumber terbuka atau Open Source, dan Google merilis kodenya dibawah licensi aphace. Kode dengan sumber terbuka dan licensi perizinan pada perangkat android memungkinkan perangkat lunak bisa dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh pembuat perangkat, operator nirkabel dan pengembang aplikasi. 

Selain itu Android juga memiliki jumlah komunitas yang besar untuk pengembang aplikasi (apps) yang memperluas dungsionalitas perangkat. Dan pada umunya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java.

Pada bulan Oktober 2012 terdapat sekitar 700.000 aplikasi yang tersedia untuk android dan sekitar 25 juta aplikasi telah diunduh dari Google play, Yakni toko aplikasi utama pada android. Dan pada survey yang dilakukan antara bulan April hingga Mei 2013 menemukan fakta bahwa Android adalah platform paling populer bagi para pengembang dan digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler.

Dan Faktor - faktor diatas telah memberikan kontribusi yang cukup besar pada perkembangan Android. yang menjadikannya sebagai sistem operasi telepon pintar (smartphone) paling banyak digunakan di dunia ini. mengalahkan symbian pada tahun 2010 lalu. Selain itu Android juga menjadi pilihan bagi perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi berbiaya rendah, bisa dikostumisasi dan ringan untuk sebuah perangkat yang berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal. 

Dan pada bulan November 2013 Android menguasai pangsa pasar telepon pintar (smartphone) global, yang dipimpin oleh produk - produk keluaran dari Samsung. dengan presentase mencapai 64% pada bulan maret 2013. Sedang pada bulan Juli 2013 terdapat lebih dari 11.000 perangkat android yang berbeda dengan beragam versi. Keberhasilan dari sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai  target ligitasi paten "perang telepon pintar" antar perusahaan - perusahaan  teknologi. Dan pada bulan mei 2013 tedapat 900 juta perangkat android telah diaktifkan di seluruh dunia. dan sebanyak 48 milyar aplikasi telah dipasang dari Google Play Dan pada tanggal 3 September 2013 sebanyak 1 Milyar perangkat aplikasi android telah diaktifkan.

Dan berikut daftar android yang dirilis resmi :
  1. Android alpha
  2. Android beta
  3. Android 1.0 (API level 1)
  4. Android 1.1 (API level 2)
  5. Android 1.5 Cupcake (API level 3)
  6. Android 1.6 Donut (API level 4)
  7. Android 2.0 Eclair (API level 5)
  8. Android 2.0.1 Eclair (API level 6)
  9. Android 2.1 Eclair (API level 7)
  10. Android 2.2–2.2.3 Froyo (API level 8)
  11. Android 2.3–2.3.2 Gingerbread (API level 9)
  12. Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread (API level 10)
  13. Android 3.0 Honeycomb (API level 11)
  14. Android 3.1 Honeycomb (API level 12)
  15. Android 3.2 Honeycomb (API level 13)
  16. Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich (API level 14)
  17. Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich (API level 15)
  18. Android 4.1 Jelly Bean (API level 16)
  19. Android 4.2 Jelly Bean (API level 17)
  20. Android 4.3 Jelly Bean (API level 18)
  21. Android 4.4 KitKat (API level 19)
Dan demikian lah yang dapat saya jelaskan mengenai sejarah android os dan mengenal android semoga bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait

2 komentar

Terima Kasih anda telah :
1. Berkomentar dengan sopan dan bijak
2. Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komentar anda akan dihapus)
3. Dan tidak menjadi SPAMERS
4. Jika anda mendapatkan link download yang rusak atau file tidak ditemukan mohon informasikan pada komentar atau bisa kirim email di infodroid87@gmail.com

thank's for your comment's