Tuesday, January 28, 2014

cara melegakan kapasitas memory internal android menggunakan link2sd

cara melegakan kapasitas memory internal android menggunakan link2sd - Anda pasti pernah mengalami kapasitas memory yang penuh akibat banyak menginstall banyak aplikasi. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang memiliki smartphone android yang memiliki kapasitas memory internal yang kecil. meskipun telah mencoba memindahkan aplikasi tersebut pada MicroSD tapi hal ini tidak banyak membantu untuk melonggarkan kapasitas memory internal perangkat anda. Karena aplikasi tetap membutuhkan ruang pada memory internal meski anda telah memindahkan aplikasi tersebut pada microSD. Jadi bagaimana cara menambah kapasitas memory internal?

Oke, Infodroiders akan memberikan tips bagaimana cara menambah kapasitas memory internal menggunakan link2sd. Ini merupakan salah satu keuntungan yang anda dapatkan jika anda melakukan root pada perangkat android anda. Dan jika anda telah melakukan root pada device android anda maka permasalahan kapasitas memory internal yang penuh bisa diatasi. dan anda perlu menggunakan aplikasi link2sd untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah selain memindahkan aplikasi kedalam microSD (move to SD) secara biasa, aplikasi ini juga mampu memindahkan aplikasi kedalam microSD dengan cara lain, yaitu Link to SD.

Link2sd
Perlu anda ketahui besar sekali perbedaan antara Move to SD dan Link to SD. Jika Move to SD hanya memindahkan sebagian kecil dari aplikasi kedalam MicroSD dan tetap membuat file didalam memory internal. Sedangkan Link to SD adalah memindahkan aplikasi secara penuh kedalam sd card tanpa ada yang tertinggal didalam memory internal. itulah keunggulan dari Link to SD.

Sebelum anda memindahkan aplikasi kedalam MicroSD menggunakan Link to SD ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya :

Device android harus sudah dalam keadaan ROOT
Pastikan SD card anda telah dipartisi. jika belum maka anda bisa membaca artikel Infodroiders mengenai cara partisi SD card
Setelah dua syarat diatas anda penuhi silahkan install aplikasi link2sd dari play store atau mirror link

Langkah memindahkan aplikasi ke microSD dengan link2sd :

1. Setelah anda menginstal aplikasi link2sd buka aplikasi link2sd tersebut. dan jika aplikasi meminta ijin superuser Pilih saja "Allow". Ini biasanya terjadi saat pertama kali anda menggunakan aplikasi link2sd ini. Dan akan muncul pilihan file system yang digunakan pada partisi kedua dari microSD anda. (Ext2, Ext3, Ext4, FAT16/32. Pilihlah sesuai dengan jenis file system yang anda gunakan dalam partisi kedua microSD anda.

2. Setelah anda memilih file system dari partisi kedua microSD anda, anda akan disuruh merestart perangkat anda dan restart perangkat anda. Akan tetapi jika terjadi error mount script, ulangilah proses partisi anda begitu seterusnya.

3. Jika anda sudah merestart perangkat anda buka kembali aplikasi link2sd dan pilih aplikasi yang ingin anda pindahkan (dalam hal ini hanya aplikasi yang anda tambahkan saja yang dapat dipindahkan). Kemudian tekan soft key dan pilih menu "multi select". Anda dapat langsung memilih "select all" atau beberapa saja dengan memberikan centang pada aplikasi yang ingin anda pindahkan. (ingat system app tidak dapat dipindahkan)

multi_select


4. Setelah anda selesai memilih aplikasi yang ingin dipindahkan kemudian tekan kembali "soft key" kemudian pilih menu "create link" dan pastikan anda memberikan centang pada ketiga pilihan yang muncul kemudian klik "OK"

create_link

create_link02


5. setelah proses selesai lihat perbedaan kapasitas memory internal anda dengan menekan "soft key" kemudian pilih menu "storage info" seperti yang terlihat seperti gambar dibawah ini.

storage_info


catatan : dengan menggunakan link2sd ini anda tidak perlu lagi menggunakan move to SD tapi gunakanlah Link to SD

Bagaimana dengan begini kapasitas memory internal anda menjadi lebih lega bukan? Selamat mencoba.

Artikel Terkait

3 komentar

maaf gan,ane dah nyoba,tapi koq terjadi error mount script mulu ya? padahal cara nya dah ngikuti cara yg agan share ini.yang cara partisi SD card nya jg ngikuti cara adri gan jg,partisi nya dah sukses,mohon batuannya ya gan,thanks

errornya pas gimana gan? udah pilih Ext2 pas baru di nyalain?

thanks kak atas tipsnya..perlu dicobain...

Terima Kasih anda telah :
1. Berkomentar dengan sopan dan bijak
2. Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komentar anda akan dihapus)
3. Dan tidak menjadi SPAMERS
4. Jika anda mendapatkan link download yang rusak atau file tidak ditemukan mohon informasikan pada komentar atau bisa kirim email di infodroid87@gmail.com

thank's for your comment's