Thursday, March 6, 2014

Cara mengecek Smartphone android palsu atau replika

infodroiders - Saat ini banyak sekali beredar kabar bahwa smartphone kelas atas banyak terdapat barang tiruan, rekondisi, dan sejenisnya. Yang dengan bahasa mudah dipahami berarti bahwa banyak smartphone palsu/replika. pernah admin saat sedang mencari - cari informasi hara smartphone menemukan sebuah penjual yang menawarkan harga Samsung Galaxy s4 dengan harga dibawah 4juta rupiah padahal harga baru smartphone tersebut adalah kurang lebih sekitar 7 juta rupiah di negara Indonesia ini. 

Admin pun penasaran kemudian mencari - cari lagi informasi seputar harga Samsung Galaxy S4 berharga "murah" tersebut dan melalui sebuah grup di facebook admin mendapatkan informasi bahwa barang tersebut adalah barang tiruan/replika/rekondisi. dan kemudian beberapa oknum menjual barang2 tersebut dengan kondisi baru tentunya dengan harga dibawah harga asli dari produk tersebut.

Samsung Galaxy S4 asli & palsu


Nah bagi anda yang memerlukan tips bagaimana cara membedakan antara smartphone asli atau rekondisi/tiruan/replika bisa melakukan tips - tip berikut demi kenyamanan anda dengan smartphone anda.

Tips membedakan smartphone android asli dengan palsu/replika : 

1. Buka situs http://apps.opera.com/

Saat membuka halaman situs tersebut menggunakan smartphone android yang ingin anda test lihat halaman paling bawah situs tersebut maka akan terlihat merk dan type smartphone android yang bersangkutan seperti terlihat pada gambar dibawah ini : 

apps opera

Dan jika terdapat tulisan "Your device is Generic android" maka android yang anda gunakan adalah buatan china ataupun lokal tak terkecuali replika/palsu. Dan cara ini tidak berfungsi terhadap smartphone Sony Xperia karena negara perakit smartphone ini adalah China.

Android_replika

2. Gunakan Antutu Benchmark

Antutu Benchmark adalah sebuah aplikasi android yang dimana fungsi aplikasi tersebut adalah untuk mengetest peforma dan mencatat spesifikasi sebuah android. 


Install aplikasi tersebut pada perangkat anda dan kemudian lakukan serangkaian test setelah anda selesai melakukan test lihat pada bagian autenticated dan system info. Maka disitu akan terdapat informasi mengenai perangkat anda. Di bagian system info bandingkan spesifikasi perangkat anda dengan spesifikasi lengkapnya yang bisa anda cari di situs www.gsmarena.com. Baca juga cara melegakan internal memory android

antutu_test_1
perangkat asli

antutu_test_2
perangkat palsu/replika

3. Lihat gambar sample kamera

Saat anda menggunakan kamera perangkat dan untuk mengecek asli atau tidaknya perangkat anda, anda bisa melihat dari hasil jepretan kamera dari perangkat anda caranya dengan memasukkan hasil jepretan kamera perangkat anda ke PC/laptop. Dengan cara Klik kanan file photo hasil jepretan kamera perangkat yang akan di cek kemudian pilih properties. Lihat di bagian property / advanced dan akan terdapat equipment make dan camera model jika di dua menu tersebut tertulis merk dan jenis type perangkat maka benar perangkat tersebut adalah asli.

kamera_test_1

kamera_test_2

4. Dengan mengecek IMEI perangkat anda

Cara mengecek IMEI sebuah perangkat android adalah menekan tombol *#06# maka akan muncul sederetan angka IMEI perangkat anda kemudian cocokkan dengan IMEI yang ada pada balik batre dan juga dengan yang ada di dusbook perangkat anda dan jika cocok maka perangkat android anda itu memang asli. Baca juga cara mengembalikan IMEI android yang hilang

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan mengenai cara mengecek smartphone android palsu atau replika. semoga bermanfaat bagi anda. 

Artikel Terkait

Terima Kasih anda telah :
1. Berkomentar dengan sopan dan bijak
2. Tidak meninggalkan link aktif (jika anda lakukan konten komentar anda akan dihapus)
3. Dan tidak menjadi SPAMERS
4. Jika anda mendapatkan link download yang rusak atau file tidak ditemukan mohon informasikan pada komentar atau bisa kirim email di infodroid87@gmail.com

thank's for your comment's